Isu Koalisi Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud Menyeruak, BKN Prabowo-Gibran Pesimis Karena Hal Ini

- 17 Januari 2024, 19:13 WIB
Isu koalisi anies-imin dan ganjar-mahfud menyeruak.
Isu koalisi anies-imin dan ganjar-mahfud menyeruak. /@KPU_ID/Twitter

JURNALPALOPO.COM - Setelah debat ketiga calon presiden RI, muncul wacana paslon nomor urut 1 dan 3 akan bergabung jika terjadi dua putaran.

Isu koalisi paslon 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD menyeruak sejak 7 Januari 2024.

Pertanda adanya wacana ini semakin kuat seiring dengan kedekatan dan kesolidan yang ditunjukkan Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo dalam berbagai kesempatan.

Baca Juga: Pikiran Rakyat Bersikap, PRMN Ganti Diksi Pinjol dengan 'Rentenir Online'

Adi Prayitno, pengamat politik dan Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, memberikan pandangannya mengenai kemungkinan koalisi ini.

Menurutnya, ada dua potensi penyebab bersatunya kubu Anies dan Ganjar dalam Pilpres 2024. Pertama, karena keduanya merasa 'dimarjinalkan' secara politik, terutama jika terjadi dua putaran.

Adi menilai bahwa bersatunya kedua kubu ini akan menjadi kekuatan besar yang melambangkan persatuan, baik dalam Pilpres maupun di parlemen.

Di sisi lain, Ujang Komarudin, seorang pengamat politik dari Universitas Al-Azhar, menyoroti faktor psikologis dalam kemungkinan bergabungnya kubu Anies dan Ganjar.

Baca Juga: Bansos BPNT 2024: Cara Mendaftar Online dan Syarat Penerima Bantuan Uang Tunai Rp2,4 Juta

Halaman:

Editor: Gunawan Bahruddin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x