Warga Kota Palu Harus Siap Siap, Gerhana Bulan Penumbra Terjadi Malam Nanti, Pertanda Apa?

- 5 Mei 2023, 09:52 WIB
Fenomena alam gerhana bulan penumbra akan terjadi malam ini dan dapat disaksikan dari Kota Palu
Fenomena alam gerhana bulan penumbra akan terjadi malam ini dan dapat disaksikan dari Kota Palu /BMKG

JURNAL PALOPO - Sebuah fenomena alam kembali akan terjadi malam nanti, Jumat (05/05/2023) dan dapat disaksikan dari Kota Palu. Fenomena alam yang akan terjadi ialah gerhana bulan penumbra.

Berdasarkan rilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gerhana bulan penumbra mulai dapat disaksikan di Kota Palu pada pukul 23.12 WITA.

Tak hanya sehari, gerhana bulan penumbra yang dapat disaksikan dari Kota Palu ini disebut akan berlangsung selama dua hari yakni pada 5 dan 6 Mei 2023.

Baca Juga: Loker Kota Palu Bulan Mei, Buruan Daftar Sebelum Tertutup

Pada gerhana bulan penumbra ini, terdapat 3 fase. Fase pertama dimana saat dimulainya gerhana yang dijadwalkan mulai berlangsung pada pukul 23.12 WITA.

Lalu fase kedua yakni fase disaat gerhana bulan penumbra memasuki waktu puncak yang dijadwalkan terjadi pada pukul 01.22 WITA.

Lalu fase terakhir, yakni fase dimana gerhana bulan penumbra berakhir yang dijadwalkan terjadi pada dini hari, pukul 03.33 WITA.

Baca Juga: Pakai Pelindung, 2 Mei 2023 Kota Palu Kembali Panas Mendidih, Indeks Sinar UV di Kategori Bahaya Sangat Tinggi

Halaman:

Editor: Eko Prasetyo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x