Suhu Tertinggi di Indonesia Capai 37 Derajat Celcius, Masyarakat Dihimbau Jangan Panik

- 25 April 2023, 13:17 WIB
BMKG himbau masyarakat tidak panik atas peningkatan suhu panas yang terjadi di Indonesia
BMKG himbau masyarakat tidak panik atas peningkatan suhu panas yang terjadi di Indonesia /Pixabay

JURNAL PALOPO - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat suhu tertinggi di Indonesia mencapai 37,2 derajat Celcius.

Suhu tertinggi itu tercatat melalui pengamatan stasiun BMKG di Ciputat pada pekan lalu 17 April 2023. Meski demikian, BMKG tetap menghimbau masyarakat untuk tidak panik menanggapi fenomena yang terjadi ini.

Suhu panas yang terjadi di Indonesia menurut BMKG merupakan fenomena akibat dari adanya gerak semu matahari yang merupakan suatu siklus yang biasa dan terjadi setiap tahun, sehingga potensi suhu udara panas seperti ini juga dapat berulang pada periode yang sama setiap tahunnya.

Baca Juga: Negara Asia Alami Gelombang Panas, Suhu Capai 40 Derajat Celcius, Bagaimana dengan Indonesia?

Hingga saat ini, suhu tinggi tersebut sudah turun dan kini suhu maksimum teramati berada dalam kisaran 34 hingga 36 derajat Celcius di beberapa lokasi. 

Variasi suhu maksimum 34 - 36 derajat Celcius untuk wilayah Indonesia masih dalam kisaran normal klimatologi dibandingkan tahun- tahun sebelumnya. 

Meski suhu panas di Indonesia sudah mengalami penurunan dan berada di angka normal, namun indeks sinar UV di wilayah Indonesia masih terpantau berada pada kategori bahaya sangat tinggi hingga extrem.

Baca Juga: Rata Rata Suhu Udara Kota Palu di Bulan Maret Capai 27,2 Derajat, Alami Peningkatan dari Bulan Februari

Halaman:

Editor: Eko Prasetyo

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x