Negara Asia Alami Gelombang Panas, Suhu Capai 40 Derajat Celcius, Bagaimana dengan Indonesia?

- 25 April 2023, 12:09 WIB
Gelombang panas terjadi di Negara Asia namun berbeda dengan Indonesia
Gelombang panas terjadi di Negara Asia namun berbeda dengan Indonesia /Gerd Altmann/Pixabay

JURNAL PALOPO - Sebagian besar Negara Asia dikabarkan mengalami gelombang panas atau heatwave dengan capaian suhu mencapai 40 derajat Celcius.

Beberapa Negara Asia yang dilaporkan mengalami gelombang panas diantaranya Bangladesh, Myanmar, India, China, Thailand dan Laos.

Negara negara ini melaporkan bahwa suhu panas lebih dari 40 derajat Celcius yang telah berlangsung beberapa hari belakangan dengan rekor-rekor baru suhu maksimum di wilayahnya.

Baca Juga: Rata Rata Suhu Udara Kota Palu di Bulan Maret Capai 27,2 Derajat, Alami Peningkatan dari Bulan Februari

Hampir sama dengan negara negara di Asia, Indonesia juga mengalami peningkatan suhu panas beberapa hari terakhir, bahkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat suhu maksimum di Indonesia mencapai 37,2 derajat Celcius.

Meski demikian, BMKG menyebut bahwa fenomena udara panas yang terjadi di Indonesia belakangan, jika ditinjau secara lebih mendalam baik secara karakteristik fenomena maupun secara indikator statistik pengamatan suhu, tidak termasuk kedalam kategori gelombang panas.

Secara karakteristik fenomena, suhu panas yang terjadi di wilayah Indonesia merupakan fenomena akibat dari adanya gerak semu matahari yang merupakan suatu siklus yang biasa dan terjadi setiap tahun, sehingga potensi suhu udara panas seperti ini juga dapat berulang pada periode yang sama setiap tahunnya.

Baca Juga: Tanggal 25 April 2023, Kota Palu Akan Terdampak Sinar UV Kategori Bahaya Sangat Tinggi Di Jam Ini

Halaman:

Editor: Eko Prasetyo

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x