AS Pura-pura Tidak Khawatir, Balon Udara Mata-mata China Mampu Kirim Data ke Beijing Secara Real Time

- 9 April 2023, 19:30 WIB
Balon udara yang diduga mata-mata China melayang ke lautan setelah ditembak jatuh di lepas pantai di Surfside Beach, South Carolina, AS, 4 Februari 2023
Balon udara yang diduga mata-mata China melayang ke lautan setelah ditembak jatuh di lepas pantai di Surfside Beach, South Carolina, AS, 4 Februari 2023 /REUTERS/Randall Hill/

JURNALPALOPO.com - Balon mata-mata China yang melintasi AS pada awal tahun ini berhasil mengumpulkan data intelijen dari situs-situs militer AS.

Namun, pemerintah AS masih belum tahu pasti apakah pemerintah Cina dapat menghapus data balon tersebut ketika mereka menerimanya.

Komunitas intelijen AS tidak terlalu khawatir dengan informasi yang berhasil dikumpulkan oleh balon tersebut.

Baca Juga: Safee Sali Tolak Klub Thailand, Pilih Gabung Tim Indonesia karena 2 Hal yang Jarang Orang Tahu

Pasalnya balon tersebut tidak jauh lebih canggih daripada yang bisa dikumpulkan oleh satelit China.

Seorang pejabat intelijen AS mengatakan kepada media bahwa meskipun analisis terhadap balon tersebut masih terus dilakukan, penerbangannya di atas AS tampaknya tidak memberikan wawasan baru yang penting bagi Cina.

AS juga mengetahui jalur yang akan dilalui balon udara tersebut dan mampu melindungi situs-situs sensitif dan menyensor beberapa sinyal sebelum balon udara tersebut dapat menangkapnya.

Pada tahun 2022, komunitas intelijen AS mengembangkan metode untuk melacak armada balon udara China yang beroperasi di seluruh dunia.

Baca Juga: Sebentar Lagi, Pembukaan Pendaftaran CPNS 2023 akan Segera Dibuka, Ini Jadwalnya

Halaman:

Editor: Arini Binti Rabbi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x