Pemberian Makanan untuk Dosen saat Mahasiswa Ujian Adalah Bentuk Gratifikasi? Rektor dan Warek Untad No Komen

- 12 April 2023, 13:35 WIB
Pemberian makanan ataupun bingkisan kepada dosen saat ujian di Untad apakah gratifikasi
Pemberian makanan ataupun bingkisan kepada dosen saat ujian di Untad apakah gratifikasi /KPK/Facebook

JURNAL PALOPO - Sajian makanan baik itu makanan berat, cemilan hingga bingkisan kerap kali kita temui saat mahasiswa hendak melakukan ujian di sebuah Universitas. Hal ini juga terjadi di Universitas Tadulako (Untad) yang berada di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Di Universitas Tadulako, pemberian makanan ataupun bingkisan dari mahasiswa kepada dosen saat hendak ataupun setelah selesai melaksanakan ujian bukan hal yang asing lagi.

Bagi sebagian mahasiswa di Universitas Tadulako, pemberian makanan ataupun bingkisan tersebut dianggap sebagai bentuk penghormatan ataupun penghargaan kepada para dosen yang akan melakukan pengujian.

Baca Juga: Gelar Juara Lepas, Runner Up Tak Dapat, Ini 5 Penyebab Peforma Persib Bandung Menurun di Akhir Liga 1

Namun, beberapa mahasiswa juga menganggap bahwa pemberian makanan atau bingkisan tersebut merupakan hal yang wajib untuk dilakukan.

Mengenai pemberian makanan ataupun bingkisan kepada dosen saat mahasiswa ujian bisa saja masuk dalam kategori gratifikasi, mengapa demikian ?

Dikutip Jurnal Palopo dari laman Facebook Komisi Pemberantasan Korupsi, hal ini disebabkan dosen adalah pegawai sekaligus penyelenggara negara yang dilarang menerima hadiah berkaitan dengan jabatan atau tugasnya.

Unggahan Komisi Pemberantasan Korupsi
Unggahan Komisi Pemberantasan Korupsi Facebook

Halaman:

Editor: Eko Prasetyo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x