Gerhana Matahari Hibrida 20 April 2023, Bisa Dilihat dari Kota Palu Di Jam Ini, Tapi...

- 18 April 2023, 06:00 WIB
Gerhana Matahari hibrida bisa dilihat dari Kota Palu pada 20 April 2023 di jam 12.22 WITA
Gerhana Matahari hibrida bisa dilihat dari Kota Palu pada 20 April 2023 di jam 12.22 WITA /BMKG

JURNAL PALOPO - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan terjadi Gerhana Matahari hibrida pada 20 April 2023 mendatang yang dapat disaksikan di Indonesia termasuk Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Menurut BMKG, Gerhana Matahari yang diprediksi terjadi dan dapat disaksikan di Indonesia yang salah satunya adalah Kota Palu merupakan Gerhana Matahari hibrida.

Kenapa disebut hibrida? Karena Gerhana Matahari yang dapat disaksikan di Kota Palu ini terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi tepat segaris sehingga di suatu tempat tertentu terjadi Gerhana Matahari Cincin dan sebagian lagi terjadi Gerhana Matahari Total.

Baca Juga: Gedung DPRD Sulteng Dilempar Mahasiswa yang Lakukan Aksi Demonstrasi di Kota Palu

Meski begitu, BMKG menuturkan bahwa pada 20 April mendatang, Indonesia yang melewati wilayah Indonesia berupa Gerhana Matahari Total dan Gerhana Matahari Sebagian, wilayah Indonesia tidak mengalami Gerhana Matahari Cincin.

Di Kota Palu sendiri juga akan mengalami Gerhana Matahari, tetapi hanya Gerhana Matahari Sebagian dengan Magnitudo sekitar 0,7.

Artinya, fenomena alam yang disebut langka ini jika disaksikan di Kota Palu maka kondisi Matahari akan tertutup setengah bagian saja oleh piringan bulan.

Baca Juga: Pantai Talise Teluk Palu Bisa Jadi Spot Foto Keren Sembari Menunggu Waktu Buka Puasa

Halaman:

Editor: Eko Prasetyo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x