5 Tips Merawat Rambut Wanita Agar Tetap Sehat dan Berkilau

- 25 Desember 2022, 14:38 WIB
Ilustrasi rambut berkilau.
Ilustrasi rambut berkilau. /Pixabay / Engin_Akyurt.


JURNAL PALOPO
- Memiliki rambut sehat dan berkilau adalah dambaan setiap wanita. Akan tetapi, keramas saja tidak cukup untuk membuat rambut indah seperti yang diinginkan. Beberapa metode perawatan rambut terkadang dapat membuat rambut menjadi kering, mengembang, rontok, hingga bercabang. Oleh karena itu, mengetahui tips merawat rambut wanita sangatlah penting

5 Tips Merawat Rambut Untuk Wanita

Beberapa tips merawat rambut wanita berikut bisa Anda lakukan untuk mendapatkan rambut yang sehat dan berkilau:

1. Merawat Kulit Kepala

Langkah pertama untuk memiliki rambut yang sehat adalah dengan merawat kulit kepala. Anda bisa memijat kulit kepala saat keramas secara perlahan agar sirkulasi darah meningkat. Cara ini juga dapat merangsang folikel rambut untuk memproduksi rambut lebih tebal dan berkilau. Hal ini penting, terutama bagi wanita yang menginkan rambut panjang.

Pilihlah produk perawatan rambut yang dapat menjaga produksi minyak alami pada kulit kepala. Usahakan menghindari produk dengan kandungan sulfat, alkohol, maupun pewangi. Sebaiknya lindungi kulit kepala dan rambut dari sinar ultraviolet. Anda bisa menggunakan topi saat sedang beraktivitas di luar ruangan.

2. Memilih Sampo yang Tepat

Pilihlah sampo berdasarkan jenis rambut serta sesuaikan dengan masalah rambut yang dialami, seperti ketombe, bercabang, atau rontok. Hindari sampe yang mengandung bahan keras, misalnya ammonium lauryl sulfate atau sodium lauryl sulfate. Gunakan air biasa atau hangat saat keramas.

Hindari air panas karena dapat menghilangkan minyak alami rambut dan membuatnya menjadi kusam. Oleskan kondisioner setelah keramas untuk menjaga rambut tetap lebut, berkilau, dan mudah diatur.

3. Melakukan Perawatan Setelah Keramas

Hindari menyisir atau menggosok rambut yang basah dengan handuk. Penataan rambut sebaiknya dilakukan saat keadaan rambut sudah 90 persen kering. Usahakan rambut Anda kering alami tanpa terlalu sering menggunakan hair dryer karena dapat membuat rambut mudah kering.

4. Kurangi Penggunaan Aksesoris Rambut

Hindari terlalu sering mengikat atau mengepang rambut terlalu lama. Selain itu, hindari penggunaan produk rambut berbahan kimia dan pemakaian alat penata rambut yang menggunakan panas listrik, seperti pengering, pengeriting, atau pelurus rambut.

5. Konsumsi Makanan Bernutrisi

Agar kesehatan dan keindahan rambut tetap terjaga, usahakan konsumsi makanan yang mengandung banyak protein, misalnya telur, susu, kacang, ikan atau daging tanpa lemak. Selain itu, penuhi juga asupan zinc serta omega-3 dengan banyak mengkonsumsi sayuran berdaun hijau, makanan laut, keju, dan yoghurt untuk mewujudkan rambut sehat dan berkilau.

Selain cara alami di atas, menggunakan rangkaian produk perawatan rambut juga diperlukan untuk menjaganya tetap sehat dan berkilau. Rangkaian perawatan rambut dari Shiseido bisa menjadi pilihan.

Halaman:

Editor: Advertorial 02


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x