Prabowo Subianto Berikan Titah, AIA Ditunjuk Maju Di Pilgub Sulsel, Pengamat: Terlalu Buru-buru

- 7 Juni 2024, 21:14 WIB
Prabowo Subianto menginstruksikan kepada kadernya untuk turun di Pilkada.
Prabowo Subianto menginstruksikan kepada kadernya untuk turun di Pilkada. /pandapotans/tribratanews.polri.go.id

JURNALPALOPO.COM - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, menginstruksikan kader partainya untuk turut serta dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, termasuk di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Dalam Pilkada Sulsel, Andi Iwan Darmawan Aras (AIA) dipastikan akan diusung sebagai bakal calon gubernur dari Partai Gerindra.

"Untuk Calon Gubernur Sulsel, sudah Andi Iwan Aras, itu sudah A1 (pasti)," ujar Wakil Ketua Gerindra Sulsel, Najmuddin, kepada wartawan di Makassar, Jumat, 7 Juni 2024.

Baca Juga: 10 Tips dan Trik Meningkatkan Performa Fotografi Smartphone Android, Jadi Pro hanya dengan Ponsel

Najmuddin menjelaskan bahwa keputusan ini diambil dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Gerindra, sesuai dengan konsensus DPD Gerindra Sulsel yang sepakat mengusung AIA sebagai bakal calon gubernur pada Pilkada Sulsel yang akan digelar pada 27 November 2024.

"Rekomendasinya sudah terkunci dan tidak ada lagi dari eksternal. Ini sudah dikunci mati untuk AIA. Rakernasnya pekan lalu, dan sudah ada petunjuk dan perintah dari DPP untuk menyiapkan strategi pemenangan," tambah Najmuddin.

Andi Iwan Darmawan Aras saat ini menjabat sebagai Ketua DPD Gerindra Sulsel dan juga anggota DPR RI. Pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024, Partai Gerindra Sulsel berhasil mendapatkan 13 kursi di DPRD Sulsel, yang memberi mereka hak untuk menempati posisi wakil ketua.

Namun, untuk memenuhi syarat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel, diperlukan dukungan minimal 17 kursi atau 20 persen dari total 85 kursi DPRD Sulsel, sehingga Gerindra masih membutuhkan tambahan kursi atau harus berkoalisi dengan partai politik lainnya.

Baca Juga: 3 Keluar, 6 Bakal Masuk, Bernardo Tavares Punya Rencana Besar untuk PSM Makassar Musim Depan

Halaman:

Editor: Arini Binti Rabbi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah