Lebaran Hari Apa? Sehari Lagi, Sidang Isbat untuk Penentuan 1 Syawal 1444 Hijriah

- 19 April 2023, 06:30 WIB
Sidang isbat akan dilakukan Kemenag untuk penentuan hari Lebaran atau 1 Syawal 1444 Hijriah
Sidang isbat akan dilakukan Kemenag untuk penentuan hari Lebaran atau 1 Syawal 1444 Hijriah /Syaibatulhamdi/Pixabay

JURNAL PALOPO - Marhaban ya Ramadhan, tak terasa, sebentar lagi umat muslim di seluruh dunia akan merayakan hari Lebaran yang juga menandakan masuknya 1 Syawal 1444 Hijriah. Lalu hari apa 1 Syawal 1444 Hijriah? Di Indonesia, penentuan 1 Syawal akan diumumkan setelah Kementerian Agama (Kemenag) menggelar sidang isbat.

Sidang isbat sebagai penentuan 1 Syawal 1444 Hijriah atau hari Lebaran akan dilakukan Kemenag pada Kamis, (20/04/2023) di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama, Jakarta.

Diketahui bahwa sidang isbat penentuan hari Lebaran atau masuknya 1 Syawal 1444 Hijriah dilaksanakan secara tertutup dan diikuti oleh Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam, serta Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama.

Baca Juga: Resep dan Cara Buat Kue Nutella, Cocok Dihidangkan Saat Lebaran

"Sebagaimana biasa, sidang isbat awal Syawal selalu dilaksanakan pada 29 Ramadan. Tahun ini, bertepatan dengan 20 April 2023," ungkap Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kementerian Agama, Kamaruddin Amin, dikutip Jurnal Palopo dari laman kemenag.go.id.

Untuk menentukan 1 Syawal 1444 Hijriah, Kemenag akan melakukan pemantauan hilal atau rukyatul hilal di berbagai provinsi. 

Kemenag akan menurunkan tim ke 123 titik lokasi di seluruh Indonesia. Mereka akan melaporkan, apakah pada hari itu hilal terlihat ataukah tidak.

Baca Juga: Kumpulan Link Twibbon Hari Raya Idul Fitri 2023, Buat Lebaran Lebih Berwarna

Halaman:

Editor: Eko Prasetyo

Sumber: Kemenag


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x