Lebaran 2023 Jatuh Tanggal Berapa ? Simak Penjelasannya Berikut Ini

- 15 April 2023, 12:31 WIB
Tanggal penentuan hari Lebaran 2023 akan diumumkan pemerintah setelah menggelar sidang isbat
Tanggal penentuan hari Lebaran 2023 akan diumumkan pemerintah setelah menggelar sidang isbat /ANTARA/

JURNAL PALOPO - Tak terasa bulan Ramadhan 2023 sudah dipenghujung waktu. Selama kurang lebih 1 bulan, umat muslim berpuasa di bulan Ramadhan ini hingga akhirnya mencapai satu hari suci yang paling ditunggu tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia yaitu hari Raya Idul Fitri atau di Indonesia kerap disebut hari Lebaran.

Lalu jatuh pada tanggal berapakah hari Lebaran 1444 Hijriah / 2023 Masehi ?

Jika berpatokan kepada pemerintah, maka tanggal untuk hari Lebaran 2023 belum ditetapkan. Hal ini karena untuk menentukan dan menetapkan awal bulan syawal, pemerintah terlebih dahulu akan menggelar sidang isbat.

Baca Juga: HORE! Konvoi Juara PSM akan Dilakukan di Kota Makassar, Daeng Uki: Lagi Dibahas Manajemen Klub

Pemerintah rencananya akan menggelar sidang isbat penentuan 1 Syawal 1444 H atau hari Lebaran pada Kamis (20/04/2023) mendatang.

Sidang Isbat dilakukan dengan melihat kondisi atau posisi hilal, untuk menentukan kapan hari Lebaran atau berakhirnya bulan Ramadhan dan awal bulan Syawal 1444 H.

Tetapi jika berpatokan Muhammadiyah, maka hari Lebaran sudah bisa dipastikan. Hal ini karena Muhammadiyah berdasarkan metode perhitungannya sudah menetapkan hari Lebaran atau 1 Syawal akan jatuh pada hari Jumat (21/04/2023).

Baca Juga: Rumor Update: Persib Bandung Lirik Rizky Dwi Febriyanto, Edo Febriansyah Gabung Klub 3 Besar

Halaman:

Editor: Eko Prasetyo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x