Inspiratif ! Rumah Koran Gowa Motori Program Koran Bekas Ditukar Sayur

- 29 Juni 2020, 14:21 WIB
Koordinator Rumah Koran, Jamaluddin Dg Abu saat menyalurkan koran bekas ditukar dengan sayuran. /Naswandi

JURNALPALOPO.com- Komunitas literasi di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, punya cara berbeda dalam membantu pemerintah dan masyarakat menanggulangi pandemi Covid-19.

Diketahui, selama ini Komunitas Rumah Koran bergerak di bidang literasi, mengajak masyarakat petani untuk gemar membaca menuju petani online dan literasi.

Melalui program "Petani Berbagi dan Polri Menjemput" komunitas ini berupaya berbagi sayur segar. Sayur ini adalah budidaya di kampung sayur di daerah dataran tinggi Tombolo Pao dan Tinggi Moncong.

Baca Juga: Pantau Pelayanan KB, Judas Ajak Warga Palopo Sukseskan Program KB

Di dua daerah tersebut banyak petani yang membutuhkan koran bekas, yang digunakan untuk membungkus sayuran. Kemudian dipasarkan keluar wilayah Sulawesi Selatan. Tujuannya adalah agar sayur bertahan segar hingga tujuan.

Pada awalnya, petani membeli koran bekas untuk membungkus. Komunitas Rumah Koran kemudian hadir menawarkan gagasan koran ditukar dengan sayur.

Koordinator Rumah Koran, Jamaluddin Daeng Abu mengatakan, petani berbagi sayur merupakan sebuah bukti bahwa di tengah pandemi, mereka mampu hadir untuk berbagi hasil bumi.

"Ini adalah bentuk solidaritas dan panggilan hati, untuk bersama-sama berbuat kebaikan," terang Jamaluddin, Senin (29/06/20) saat di mintai keterangan.

Baca Juga: Terkait Perkuliahan Online, Mahasiswa IAIN Palopo Gelar Unjuk Rasa

Halaman:

Editor: Naswandi


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X